Pada pandemi saat ini, aktifitas sekolah dilakukan secara daring yang berhubungan dengan internet. Aplikasi seperti Zoom dan Google Classroom menjadi aplikasi yang sangat penting dan sering digunakan selama pandemi berjalan 2 tahun terakhir. Tidak hanya dari pihak sekolah yang berkutat dengan perubahan metode pembelajaran, pemerintah saat ini juga sedang berusaha membuat infrastruktur jaringan agar tidak ada masalah dalam melakukan pembelajaran daring.

Menteri mendikbud saat ini sudah berencana membangun revolusi industri 4.0. Perencanaan dan menata jaringan internet diberbagai daerah dan meratakan seluruh jaringan di Indonesia akan menjadi faktor penting dalam melakukan digitalisasi sekolah. Berbicara mengenai “digitalisasi sekolah”, apa arti dari digitalisasi sekolah tersebut? Digitalisasi Sekolah merupakan suatu tahap dan proses pembuatan aktifitas dan kegiatan di sekolah yang bersifat manual maupun analog disekolah menjadi digital. apa saja kegiatannya? mulai dari pendaftaran murid, pembuatan mata pelajaran atau kurikulum sekolah, pemberian mata pelajaran dan berbagai kegiatan lainnya. Berikut beberapa manfaat jika sekolah melakukan penerapan digitalisasi sekolah:

  1. Sistem Yang Tertata Rapi
    Ketika sekolah sudah melakukan digitalisasi dan seluruh aktifitas manual dan analog dilakukan secara sistem online, seluruh data akan tertata rapi dan aman. Seluruh proses akan terbaca dan penyampaian informasi dari pihak sekolah ke orang tua murid akan terasa lebih cepat.
  2. Proses Pembelajaran Lebih Mudah Diakses
    Ketika seluruh mata pelajaran sudah masuk pada sistem digitalisasi dan online, maka seluruh murid dapat mengikuti kelas, mengerjakan PR ataupun mengikuti ujian dimana saja yang mereka mau. Semua aktifitas sekolah dapat dilakukan dimana saja tanpa ada hambatan.
  3. Orang Tua Dapat Mengetahui Perkembangan Anak
    Orang Tua akan dapat melihat nilai tugas, ujian dan kegiatan disekolah secara online. Hal ini menjadi faktor penting untuk orang tua agar terus mengetahui perkembangan anak disekolah.
  4. Memudahkan Komunikasi Antara Pihak Sekolah dan Orang Tua
    Ketika sebuah sekolah sudah mengadopsi seluruh aktifitas sekolah menjadi digital, proses pemberitahuan informasi dari pihak sekolah akan mudah diberikan dan orang tua langsung dapat memiliki notifikasi dan aware terhadap pengumuman sekolah.

Itulah beberapa manfaat digitalisasi sekolah, kedepannya transformasi digital sekolah harus dilaksanakan demi sebuah sistem pendidikan industri yang baik dan seluruh sistem tertata rapi. Namun, hal yang paling penting adalah memudahkan seluruh proses dan kegiatan untuk murid, guru dan orang tua. Hasan Teknologi memiliki sebuah sistem education platform untuk para sekolah yang membutuhkan dapat menghubungi tim Hasan untuk berdiskusi pembuatan sistem edukasi untuk sekolah anda.